Mengirim surat lamaran lewat email agar diterima

Ini adalah cara Mengirim surat lamaran lewat email agar diterima oleh perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan untuk para calon karyawan baru. Mungkin ada beberapa pelamar yang masih kebingungan dengan kebijakan perusahaan yang mengharuskan calon karyawannya untuk melamar pekerjaan via email. Tapi anda tidak perlu khawatir, disini kami akan menjelaskan bagaimana cara mengirim surat lamaran lewat email agar dapat diterima oleh perusahaan yang anda lamar.
  • Pertama
Jika anda tidak mempunyai mesin scanning, diharapkan anda untuk mendatangi warnet yang menerima jasa scann dokumen. Dan minta agar dibuatkan menjadi file pdf, dan diperkecil ukurannya.
  • Kedua
Minimalkan berkas yang akan di scann, jika dokumen yang tidak direkomendasikan lebih baik jangan di scann karena akan menambah ukuran file menjadi lebih besar.
  • Ketiga
Untuk surat lamaran dan CV atau Daftar Riwayat Hidup, lebih baik anda ketik menggunakan Office Word karena jika memakai tulisan tangan, ketika di scann filenya akan lumayan besar. Dokumen Office Word silahkan anda jadikan file pdf (di internet banyak situs penyedia compress word to pdf secara gratis) dan disatukan menjadi satu file. (Operator warnet mengerti ini, jika anda kebingungan).
  • Keempat
Pastikan alamat email penerima atau email perusahaan tersebut aktif karena di internet banyak sekali email palsu atau email yang sebenarnya tidak ada. Dan caranya silahkan anda untuk mencoba mengetest email perusahaan tersebut dengan mengirimkan email test menggunakan email lain yang anda punya. Dan jika pesan test yang anda kirim tidak dapat terkirim, sudah dipastikan email tersebut adalah palsu.

Mengirim surat lamaran lewat email agar diteima

Mengirim surat lamaran lewat email agar diterima


Mungkin ada pertanyaan karena setiap pelamar mempermalasahkan batas ukuran maksimal file surat lamaran yang akan dikirim melalui email.
Ya. Betul sekali, kadang memang ada perusahaan yang meminta anda mengirim surat lamaran melalui email hanya dibatasi dengan ukuran file minimal 150 atau 200 kb saja. Karena banyak sekali orang yang tidak mengerti cara membuat lamaran via email agar menjadi 150 atau 200 kb saja.
Disini anda tidak perlu bingung karena kami telah melakukan survey untuk surat lamaran yang dibatas hanya dengan 150 kb, 200 kb, maupun yang 300 kb, itu hanya satu dokumen saja yaitu CV atau Daftar Riwayat Hidup. Karena didalam CV tersebut informasi tentang anda semuanya ada tertulis didalam CV.
Karena memang logikanya adalah jika yang diminta perusahaan hanya 150 kb sampai 300 kb untuk semua dokumen lengkap surat lamaran, itu sangat tidak masuk akal. Walaupun semua dokumen surat lamaran pekerjaan lengkap di scann dan bisa di kompres menjadi 150 sampai 300 kb, memang bisa, tapi kualitas nya tentu akan sangat jauh dari kata bagus dan ini sangat tidak recomended sekali bagi para pelamar. File pdf tersebut akan blur dan cenderung hancur dan tentu saja tidak dapat dibaca oleh pihak perusahaan. Dan kasus seperti ini banyak sekali. Maka dari itu jika ada perusahaan yang meminta surat lamaran dan lampirannya dibatasi hanya di kisaran 150 sampai 300 kb, mungkin anda perlu mencoba mengirimkan hanya CV saja dan Surat lamarannya silahkan anda tulis didalam body email.
Mungkin hanya 4 cara mengirim surat lamaran lewat email agar diterima ini yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat.